Rabu, 17 November 2010

Tabuh Rah


Hari baik, dauh ayu langkah pasti selalu disertai dengan luapan emosi, melatarbelakangi tujuan yang ingin dicapai yaitu kemenangan.

Di ikat oleh aturan - aturan yang pasti dan sistem perhitungan yang mutlak, merupakan persetujuan komunitas yang unik. Senantiasa diucapkan dalam yadnya yang di gelar. Cok gasal, tlu do, dapang, selalu di elu - elukan didasari embusan nafas yang berbau emosi. Demikian yang terus diucapkan, seakan -akan terjalin melodi dan ritme yang ritmis. Lalu apa yang mereka soraki, demikian semangatnya?.... Ternyata kestrya siap beradu kemampuan dengan gagah perkasa membela kehormatan dengan semangat pantang menyerah, sebelum kaki putus dari raganya, perut terurai, bahkan darah menyembur membasahi pertiwi. Meskipun hidup atau mati menjadi keputusan akhir.

Demikian luhur pengorbananmu wahai satrya. demi sebuah tujuan mulia, yaitu menyeibangkan alam semesta ini.

Satrya........ ku wujudkan semangat perjuanganmu kedalam sebuah komposisi musik beleganjur yang bernafaskan budaya, dengan mengolah elemen musik, merupakan wujud penghormatanku terhadap keluhuran budimu.

Tabuh Rah akan ku mainkan, untuk mengantarkan rohmu ke alam damai. Dengan harapan jiwamu menjadi sinar bagi umat manusia dan terciptanya suasana alam yang sudha, sidhi sadhu.

Demiian sekilas sinopsis dari tabuh beleganjur yang dimainkan oleh Sekaa Tabuh Karang Taruna Yudha Darma Desa Gulingan,,,, Dalam Rangka Festival Seni Budaya Kabupaten Badung Tahun 2010.

Penata Tabuh : I Ketut Sokir Ary Sujana
Penta Gerak : Mang Tompel Adi Pranawa.

Sabtu, 13 November 2010

Tumbuhan pun harus di upacarai………


Saniscara keliwon wuku wariga bertepatan dengan tanggal 13 Nopember 2010, menurut kepercayaan umat hindu dikatakan sebagai Tumpek Uduh atau Tumpek Pengatag. Dalam tumpek pengatag ini dilakukan upacara selamatan pada tumbuh – tumbuhan (otonan tetanduran). Upakara yang dibuat dalam otonan ini dinamakan Banten Pengatag yang didalamnya berisi Peras Daksina, Peras tulung sayut, ayaban, lis pengatag dan yang lainnya.

Selain upacara pengatag atau otonan tetnaduran, ada momentum penting dalam tumpek wariga ini. Tumpek pengatag merupakan awal di mulainya rangkaean Hari Raya Galungan yang waktunya selama 60 hari. Upacara selamatan pada tumbuhan ini bertujuan, memohon anugrah dari tuhan agar di berikan hasil tanaman yang berlimpah yang dipakai sebagai upacara pada saat galungan. “ Kak kak bin selae lemeng (25 hari) Galungan, Nged nged nyen mebuah pang ada alap anggo galungan, sisane kel adep ango bekel” begitu biasanya ucapan pada saat menjalan upacara otonan ini sambil memukul – mukulkan gagang pisau bersamaan dengan lis pengatag. Harapan dari umat agar hasil tanaman dapat dipakai sampai berakhirnya rangkean Hari Raya Galungan tersebut pada Budha Keliwon Pahang atau buda keliwon pegat tuwakan tepatnya tanggal 12 januari 2011.

Lontar Sundarigama yang memberi petunjuk tentang hari-hari raya Hindu di Indonesia menyatakan : Hari Tumpek pengatag adalah upacara selamatan untuk tumbuh – tumbuhan yang dimamfaatkan hasilnya. Tetapi bukan tumbuhannya yang di puja, namun pada hakekatnya adalah untuk memuja Tuhan Yang Mahaesa yangmemberikan anugrahnya melalui tumbuh – tumbuhan. Demikian pula terhadap binatang, senjata-senjata, gamelan dan sebagainya. Mengapa membuat upacara selamatan terhadap hal-hal tersebut ? Dalam ajaran agama Hindu, keharmonisan hidup dengan semua makhluk dan alam semesta senantiasa diamanatkan. Manusia hendaknya selaras dan hidup hamonis dengan alam semesta,khususnya bumi ini dan dengan ciptaan-Nya yang lain, termasuk tumbuh-tumbuhan dan binatang. Dalam ajaran Hindu, semua makhluk diyakini memiliki jiwa yang berasal dari Tuhan Yang Mahaesa. Doa umat Hindu sehari-hari (dalam puja Tri Sandhya) dengan tegas menyatakan : Sarvaprani hitankarah (hendaknya semua makhluk hidup sejahtra) .

Pelestarian lingkungan hidup

Agama Hindu di Bali telah manyatu padu dengan kehidupan masyarakat Bali. Bagi para pengamat sepintas, sangat sulit membedakan antara agama, adat, budaya, tradisi dan sebagainya yang telah sedemikian rupa terjalin bagaikan kain endek atau tenun ikat Bali. Seseorang sering menyatakan untuk kegiatan upacara agama disebut upacara adat. Di Bali tidak ada adat yang memiliki upacara. Semua upacara yang dilakukan di Bali sesungguhnya adalah upacara agama. Demikian pula seni budaya Bali, pada mulanya diabdikan hanya untuk keagungan Tuhan Yang Mahaesa, namun kini merupakan sesuatu yang menarik yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Upacara-upacara keagmaan di Bali, khususnya upacara Tumpek membawa missi pelestarian lingkungan baik lingkungan alam maupun lingkungan budaya. Pelestarian lingkungan alam ditujukan untuk keselamatan bumi pertiwi, tumbuh-tumbuhan dan binatang di dalamnya, selanjutnya pelestarian lingkungan budaya ditujukan antara lain kepada benda-benda seni seperti gamelan, wayang dan lain sebagainya. Upacara-upacara yang terkait dengan pelestarian lingkungan hidup ini disebut upacara Bhuta Yajna dengan berbagai jenis atau tingkatannya, Dari yang paling sederhana mempersembahkan sejumput nasi setelah memasak, sampai pula Tawur atau Caru Ekadasa Rudra yang dilakukan seratus tahun sekali. Apakah upacara-upacara sejenis ditemukan di India ? Penulis sepintas menemukan adanya benang merah antara India dan Bali. Sebagai dimaklumi bahwa ciri khas dari agama Hindu adalah dimana agama ini dianut, disana budaya setempat dilestarikan. Ibarat air sungai Gangga, kemana aliran sungai itu mengalir, di sanalah daerahnya berkembang dan tumbuh subur. Demikian pula halnya upacara-upacara yang kita jumpai di Indonesia, di India juga dilaksanakan misalnya Ayudhapuja, yakni upacara selamatan terhadap semua senjata, di Indonesia kita kenal dengan Tumpek Landep. Demikian pula untuk tumbuh-tumbuhan (Sankarapuja) dan lain-lain, misalnya Sarasvati, Sivaratri, Galungan-Kuningan dan sebagainya. Dari beraneka hari-hari raya itu tidak semua dirayakan dengan besar-besaran, ada dengan sangat sederhana bahkan ada hanya dengan melaksanakan Brata atau Upavasa (puasa). Demikian pula tentang pelaksanaannya di India Utara dan Selatan, Timur atau Barat sangat berbeda, apalagi dengan Indonesia atau Bali. Semua perbedaan itu disebabkan pula oleh faktor budaya umat pendukungnya.

Memaknai tumpek pengatag ini, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan, manusia tidak bisa lepas dari hasil alam khususnya hasil dari tumbuhan. Sehubungan dengan hal tersebut sebagai manusia kita harus mampu menjaga kelestarian alam terutama kelestarian tumbuhan. Jangan sampai karena keinginan untuk memenuhi kantaong pribadai ala mini dirusak.

Penebangan pohon dengan liar akan memberikan dampak negatif bagi kita semua. Disamping akan merusak isi alam, juga akan menimbulakan bahaya yang diakibatkan oleh gundulnya hutan. Dari bencana erosi yang selalu menghantui, tanah kering kerontang sampai banjir yang mengancam jiwa kita. Ancaman akan pemanasan global akan semakin mengancam kita akibat rusaknya hutan.

Semoga makna dari tumpek pengatag ini bisa membuka pikiran para pelaku illegal loging agar tidak melakukan perbuatannya lagi, demi terjaganya alam untuk rejeki generasi nanti.

Sumber :

http://www.parisada.org/index.php?option=com_content&task=view&id=135&Itemid=79

Rabu, 10 November 2010

Ijinkanlah saya memohon maaf atas segala kesalahan selama ini.


Saya adalah diri saya sendiri yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak bisa diperediksinya waktu yang akan datang menuntut saya untuk memaksimalkan semua kelebihan dalam diri ini, demi terisinya segala kekurangan. Tentunya rasa syukur dan terimakasi hamba ucapkan kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa atas segala anugrah dan kehidupan yang diberikan sampai umur 28 tahun ini. Semoga hari esok lebih baik, serta hamba mohon maaf atas segala kesalahan yang hamba perbuat baik dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

“Tan hana jatma anayu nulus” tidak ada manusia yang sempurna. Tentunya banyak hal yang tidak berkenan di hati, bagi orang – orang yang ada dalam kehidupan saya ini. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan. Banyak hal dan bantuan yang saya dapatkan dari semua orang – orang yang ada dalam kehidupan ini, baik secara moral maupun material. Ampura titiang setata meratan ida dane makesami. Melalui kesempatan ini perkenankan saya mengucapkan terimakasi yang sebesar – besarnya kepada:

1. Kedua orang tua dan semua keluarga yang selalu saya ajak dalam suka dan duka.

2. Sekaa Teruna Tengah Gulingan beserta semua anggota yang membesarkan saya dalam bidang berorganisasi

3. Bapak I Gede Agus Adnyana Putra dan Ibu Putu Eka Wati yang membiayai hidup ini dari tahun 2002 sampai sekarang.

4. Bapak I.B. Oka Darmayana yang menjadi Bapak Angkat selama saya mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

5. Keluarga Bapak Ketut Tri Madia dan I Made Yuana yang selalu memberikan pasilitas dalam setiap kegiatan yang saya lakukan.

6. Bapak Ketut Winarya, Bent Mahardika, Alit Wita Dharma, Ketut Segara dan Putu Widana Jina Mukti Selaku Guru Kader.

7. Pakde Alit Beserta semeton Tabeng Dada Tanjung Bungkak Denpasar yang pernah memberikan bimbingan bagai mana cara meghadapi kerasnya kehidupan.

8. Beli Ande Taman Bali, Beli Gede Bayu, Pande Baik, Putu Andy Pandy selaku senior dan seluruh semeton Yowana Paramartha Pande Provinsi bali.

9. Bapak Ketut Purnaya dan Putu Purnawan yang membukakan peluang kehidupan ini.

10. Keluarga Besar SMU N 1 Baturiti.

11. Saudariku Made Marta Mastini yang selalu menjadi teman curhat.

12. Seseorang disana, saudaraku punya saudara yang senyumnya sangat manis.

13. Adikku Ayu Diana Maha Dewi yang belakangan ini dengan tulus, selalu memberikan semangat dan doa dalam segala aktivitas.

14. Beserta semua keluarga,saudara sahabat dan teman yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Hutang budi ini tidak akan pernah saya lupakan dan masih banyak yang belum saya lakukan yang membutuhkan bantuan nyame mekejang. Duwenan sareng kekirangan padewekan niki. Dumogi ida dane titiang makasami ngemolihan kerahajengan, labda ayu kasidaning don.Stata wenten ring sor peneduh Ida Hyang Widi.

Suksma.

Dego Pande Suryantara.

Senin, 08 November 2010

Dinginnya Cuaca dan Lebatnya Hujan tidak mengendorkan semangat mereka untuk bekerja….


Minggu 7 nopember 2010 jam 06.00 wita saya dibangunkan oleh suara Tri Sandya yang ada di kantor Perbekel Gulingan. Memang agak terlambat, namaun secepat kilat saya mempersiapkan keberangkatan, berteman segelas kopi sambil warming up truck yang sudah penuh berisi tanaman. Maklum malamnya lembur bersama Yande Putrawan dan Pande Itu Pintar menaikan tanaman yang akan di bawa ke Pura Pande Tamblingan. Setelah semuanya lengkap, jam 07.00 wita saya berangkat kerumahnya Pande Jaucher di Banjar Balangan Kuwum Mengwi. Sambil menunggu jaucher saya langsung ngojog ke dapur untuk mencuri sarapan.

Semuanya siap, gas truck pun terinjak penuh untuk meluncur ke pelataran parkir ulun danu beratan. Didalam perjalanan, tepatnya di Desa Luwus sebuah mobil corolla biru yang dikendarai oleh Pande Juni Artawan mendahului, diiringi teriakan dari pik parwati seraya melambaikan tangan dan memberikan tanda, kami berangkat duluan.

Jam 09.05 wita truck sudah terparkir di pinggir danau beratan. Satu persatu semeton memberikan informasi bahwa mereka sudah siap merapat ke danau beratan. Rombongan dari Tabanan dibawah koordinir gektu cipluks merapat pertama, disusul sang DanCuk Yande, kemudian sang KorLap Ari Susanta. Beli Ande Taman Bali memberikan konfirmasi keterlanbatannya karena di daerah Baturiti mobilnya harus masuk bengkel untuk memperbaiki kopling dan beli Putu Andy Pandy masih di Denkayu Mengwi menunggu semeton Juliana Taman bali.

Pasukan pun lengkap kami berangkat dari parkir Beratan Menuju Pura Penataran Pande Tamblingan. Tepat jam 10.15 wita truck saya parkir didepan pura pande tamblingan, dengan sambutan teriak * Dego Semangat* dari Jero Mangku Ketut Seweta dan lambaian tangan dari Pak Putu Parman. Kami semua terkejut, ternyata di Pura sudah ramai. Dibawah komando Chepetonk Pande Wesi semua tanaman di turunkan dari truck.

Semua tanaman sudah ada dibawah, selanjutnya dilaksanakan sembahyang bersama diselingi sedikit pangarahan dari Pak Dedes. Setelah sembahyang dimulailah penaman pohon di seputar Pura Penataran Pande Tamblingan. Sang koordinator lapangan ari Suasanta mulai menunjukan keahlianya dengan di bantu Beli Ande Taman Bali, diawali dengan pembagian tanaman dan penentuan tempat menanamnya.

Semuanya semangat, termasuk para pengelingsir yang merupakan rombongan dari Semeton Pande Celuk dan Bitra gianyar. Penanaman dilakukan sampai kepinggir danau tamblingan dengan semangat gotong royong yang penuh rasa persaudaraan. Ada sedikit yang lucu waktu penanaman di areal parkir pura. Semeton Pande Nopi berteriak karena kakinya banyak di sengat oleh pacet, mungkin darahnya manis semanis orangnya.

Setelah satu jam dilaksanakan penanaman, cuaca dingin dan hujan lebat mulai mengguyur seputaran danau tamblingan. Dingin cuaca dan derasnya hujan tidak menurunkan semangat meraka untuk bekerja, satu persatu tanaman terus di tanam sesuai tempatnya. Kira kira jam 12.30 wita semua tumbuhan yang tersedia sudah ditanam.

Semuanya sudah ditanam, makan siang pun menanti. Cuaca yang dingin ternyata membuat nafsu makan yang bagus. Sampai – sampai saya dan yande menghabiskan 2 bungkus nasi. Setelah makan siang acara penanaman pohon di Pura Penataran Pande Tamblingan ditutup oleh Pak Dedes. Sebelum mepamit kami nangkil dulu ke Pura Dalem Sunia. Setelah Sembahyang kami mepamit dengan doa dalam hati” Semoga semua pepohonan yang ditanam dapat tumbuh dengan baik” walaupun saat itu sambil menarik mobil beli ande taman bali yang terpeleset di lumpur………..

Demikian sekilas tentang acara penanaman pohon di Pura Penataran Pande Tamblingan. Atas nama Ketua Yowana Paramartha Pande Kabupaten Badung mewakili Ketua Yowana Paramartha Pande Provinsi bali, perkenankan saya mengucapkan terimakasi kepada:

1. Semua jero mangku yang hadir di pura penataran pande tamblingan

2. Pak dede dan keluarga atas konsumsinya

3. Pengelingsir dari celuk dan bitra gianyar

4. Semeton Yowana Pande Se Provinsi Bali yang berkesempatan hadir

5. Semua semeton yang ikut berpartisipasi menyumbangkan tanaman dan uang.

6. Rekan MAPALA dari Singaraja yang merupakan teman dari Pande lukis

Mohon maaf apabila ada hal – hal yang tidak berkenan selama kegiatan berlangsung. Semoga dalam acara – acara berikutnya bias lebih semangat lagi. Suksma.

Daftar Donatur Tanaman

1. Beli Ande Taman Bali, 1 kijang penuh Tanaman hias.

2. Ari Susanta dan Nopik, Usaha permohonan tanaman ke dinas

3. Mang Ari Puispita, 8 parasok

4. Komang Pande Ajus, waru 10 bt, pole 6 bt, jangar ulam 2 bt, sabo 4 bt.

5. Putu Andy Pandy, Sabo, waru, dan silik.

6. Yande Pujer Nyuh Gading dan beberapa tanaman hias yang dibelinya di renon

7. Pande Bali Jempiring dan pucuk merah

8. Pande Baik Tanaman naga sari

9. Jaucher, 10 bt albesia

10. Dego tanaman beringin, dan 5 kampil pupuk kandang

11. Cipluk tanaman soka warna – warni

12. Beserta banyak tanaman sumbangan dari semeton pande yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.