Jumat, 20 Januari 2012

Makna Hari Suci Siwaratri


Perayaan Hari Suci Siwaratri bagi umat Hindu merupakan kegiatan keagamaan rutin tahunan yang dirayakan setiap Purwaning Tilem sasih kepitu. Untuk tahun 2012 dirayakan pada malam tilem ke pitu (minggu, 22 januari 2012). Siwaratri sendiri memiliki makna malam perenungan dosa.

Perayaan Siwaratri pada awalnya dikenal dari Kisah Seorang pemburu bernama Lubdaka. Suatu hari saat melakukan perburuan, ia sama sekali tidak mendapatkan buruan. Lubdaka tidak membawa makanan ataupun minuman. Oleh karena hari sudah menjelang malam maka ia memutuskan untuk memanjat sebuah pohon yang dikenal dengan pohon Billa di tepi telaga. Tujuannya adalah agar tidak dimakan oleh hewan buas.. Hari pun menjelang malam, Lubdaka tidak berani tidur karena takut terjatuh, maka ia terjaga semalaman sambil memetik satu persatu daun billa agar tidak mengantuk.

Malam itu ternyata bertepatan dengan purwaning tilem sasih kepitu. Saat itu adalah saat dimana Dewa Siwa melakukan Tapa Bratha. Saat memetik daun billa tersebut, daunnya berjatuhan dan mengenai lingga siwa. Maka saat itu Lubdaka secara tidak langsung melakukan pemujaan terhadap siwa.Sekian lama waktu berjalan, Lubdaka pun meninggal karena sakit. Saat dia meninggal, Atmanya (Rohnya) menuju sunia loka, bala tentara Sang Suratma (Malaikat yang bertugas menjaga kahyangan) telah datang menjemputnya. Mereka telah menyiapkan catatan hidup dari Lubdaka yang penuh dengan kegiatan Himsa Karma (memati-mati). Namun pada saat yang sama pengikut Siva pun datang menjemput Atma Lubdaka. Mereka menyiapkan kereta emas. Lubdaka menjadi rebutan dari kedua balatentara baik pengikut Sang Suratma maupun pengikut Siva. Ketegangan mulai muncul, semuanya memberikan argumennya masing-masing. Mereka patuh pada perintah atasannya untuk menjemput Atma Sang Lubdaka.

Saat ketegangan memuncak Datanglah Sang Suratma dan Siva. Keduanya kemudian bertatap muka dan berdiskusi. Sang Suratma menunjukkan catatan hidup dari Lubdaka, Lubdaka telah melakukan banyak sekali pembunuhan, sudah ratusan bahkan mungkin ribuan binatang yang telah dibunuhnya, sehingga sudah sepatutnya kalo dia harus dijebloskan ke negara loka.

Siva menjelaskan bahwa; Lubdaka memang betul selama hidupnya banyak melakukan kegiatan pembunuhan, tapi semua itu karena didasari oleh keinginan/niat untuk menghidupi keluarganya. Dan dia telah melakukan tapa brata (mona brata, jagra dan upavasa/puasa) salam Siva Ratri/Malam Siva, sehingga dia dibebaskan dari ikatan karma sebelumnya. Dan sejak malam itu Dia sang Lubdaka menempuh jalan hidup baru sebagai seorang petani. Oleh karena itu Sang Lubdaka sudah sepatutnya menuju Suarga Loka (Sorga). Akhirnya Sang Suratma melepaskan Atma Lubdaka dan menyerahkannya pada Siva. (Kisah ini adalah merupakan Karya Mpu Tanakung, yang sering digunakan sebagai dasar pelaksanaan Malam Siva Ratri). Untuk cerita lengkapnya bisa baca disini.

Begitulah kisah sang Lubdaka yang menjadi dasar pelaksanaan perayaan Siwaratri. Kalau melihat kisah tersebut, kebanyakan masyarakan melakukan penafsiran yang salah tentang malam Siwaratri. Malam siwaratri di anggap sebagai malam penghapusan dosa. Dalam Agama Hindu Dosa kita tidak akan bisa dihapuskan karena kita mengenal akan adanya hukum Karmaphala. Ingatkah kalian bahwa sang Pandawa pun tak luput dari dosa, mereka sempat di jebloskan di neraka.

Malam Siwaratri sebenarnya merupakan suatu malam perenungan atas perbuatan-perbuatan yang telah kita lakukan selama ini agar kita bisa intropeksi diri. Umumnya Siwaratri dilaksanakan dengan laku brata :

Mona Brata (pengendalian dalam kata-kata). Mona brata sering diistilahkan dengan tidak mengucapkan kata-kata sepatahpun. Sehingga hal seperti ini bisa menimbulkan kesalah-pahaman. Karena jika seorang teman sedang bertandang kerumah dan menyapa atau bertanya, tapi yang ditanya tidak menyahut, menyebabkan orang menjadi tersinggung. Maunya melakukan tapa mona brata, justru malah melakukan himsa karma, karena membuat orang lain menjadi jengkel dan sakti hati. Kalaupun punya niat tapa brata semacam itu, sebaiknya pergi ke hutan atau ketempat yang sunyi, jauh darikeramaian.

Upawasa yaitu pengendalian dalam hal makan dan minum. Jadi disini ditekankan tidak diharuskan untuk berpuasa/tidak makan dan minum semalam suntuk. Melainkan pengendalian dalam hal makan dan minum. Umat dibebaskan untuk melaksanakan bratanya, mau puasa ya silahkan, tidakpun tidak apa-apa. Hanya saja brata itu berlaku untuk seterusnya.

Jagra yaitu pengendalian tidur atau dalam keadaan jaga semalam suntuk hingga menjelang pagi disertai melakukan pemujaan kepada Siwa sebagai pelebur kepapaan. Jadi pada malam Siwaratri itu yang terpenting adalah begadang demi dia (Siwa). Bukan begadang main gaple atau nonton TV. Pada keesokan harinya melaksanakan Darma Santhi, pergi saling menungjungi kerumah sahabat, handai toland sambil bermaaf-maafan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Malam Siwaratri bukanlah malam peleburan dosa, melainkan peleburan kepapaan dari kelemahan sifat-sifat manusia. Semua manusia memiliki kepapaan, karena dibelengu oleh nafsu-nafsu indrianya/raganya.

Jadi sangat dianjurkan bagi Umat Hindu untuk melakukan Bratha Siwaratri sehari sebelum Purnamaning sasih Kepitu. Yang tujuannya mengurangi kepapaan dan nafsu-nafsu indria yang dimiliki oleh manusia. Dalam hubungannya dengan pengendalian nafsu indria, ada 7 kegelapan yang harus dikendalikan yang disebut Sapta Timira yang terdiri dari: Surupa (mabuk karena rupawan/rupa tampan atau cantik), Dhana (mabuk karena kekayaan), Guna (mabuk karena kepandaian), Kasuran (mabuk karena kemegahan), kulina (mabuk karena keturunan bangsawan), Yowana (mabuk karena keremajaan), Sura (mabuk karena minuman keras).

Makna Siwaratri adalah agar manusia menyadari bahwa kita dipengaruhi oleh 7 kegelapan. Kegelapan itulah yang harus diterangi secara jasmani dan rohani dengan meningkatkan pengetahuan dan pengamalan ajaran kerohanian.

Yang paling penting sekali adalah berkat dari Sang Hyang Siwa sendiri. Beliaulah yang akan menghapus kepapaan, ketidak berdayaan melawan hawa nafsunya sendiri. Mungkin ribuan orang akan menyoraki dan mencaci maki seorang penjahat yang mendapat hukuman. Bahkan pula dilempari dengan batu. Namun beliau (Sang Hyang Sada Siwa) menangis melihat umat-Nya dalam kesengsaraan. Beliau tidak membenci malah lebih bersimpati pada mereka yang mengalami nasib buruk seperti itu.

Itulah keutamaan beliau, tidak membenci siapapun, walaupun penjahat kelas kakap yang dibenci jutaan manusia. Beliau tetap berbelas kasih. Bersedia mengampuni, asal umat-Nya dengan tulus iklas berserah diri, pasrah total kehadapan-Nya.

Beliau sendiri yang akan mebimbing dan memutuskan keadilan-Nya. Maka sangat dianjurkan untuk melaksanakan brata Siwaratri ini kepada siapa saja. Karena pintu tobat dan pengampunan pada hari itu terbuka lebar-lebar.

Ada lagi disebutkan keutamaan brata Siwaratri dalam lontar “Siwaratrikalpa” buah karya Mpu Tanakung, bahwa jika seseorang mampu melaksanakan laku ; upawasa, mona brata dan jagra pada hari itu, yang tujuannya memuja Sang Hyang Sada Siwa, serta memohon pengampunan-Nya maka dosanya akan terhapus. Dan beliau (Mpu Tanakung) juga mengisyaratkan bahwa brata Siwaratri melebihi semua jenis yajna. Untuk itulah, seseorang jangan berputus asa jika sudah terlanjur melakukan kesalahan. Karena Siwaratri bisa dilaksanakan dimana saja (di rumah, di Pura, di tempat sunyi, bahkan di Lembaga Pemasyarakatan / Penjara). Justru disinilah mungkin ( di Lemaga Pemasyarakatan) brata Siwaratri itu dilaksanakan lebih khusuk.

Yang mungkin menjadi pertanyaan kita selama ini adalah apa sebenarnya tujuan pelaksanaan Mono bratha, Upasawa, dan Jagra. Secara singkat tujuan dari ketiga bratha Siwaratri itu adalah sebagai berikut:

1) Monobrata pada hari suci Siwaratri diarahkan untuk mengucapkan nama Tuhan didalam lubuk hati secara terus menerus, misalnya ; “Om Namah Siwa Ya, Om Namah Siwa Ya,…. Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya… Om Namah Siwa Ya. . .dan seterusnya.

Ada kebiasaan umat yang membawa tasbih atau genitri. Ada juga yang tidak membawa apa-apa. Yang penting adalah nilai kekhusukannya.Tapa monbrata tujuannya adalah sangat luhur dan mulia, terutama sekali untuk mengekang nafsu marah dan angkara murka. Sebab kata-kata yang kasar bisa melukai perasaan orang lain sampai bertahun-tahun.Maka orang yang dikuasai oleh nafsu murkanya, tak dapat tidak niscaya ia melakukan perbuatan jahat, sampai akhirnya dapat membunuh guru, dan sanggup ia membakar hati seorang saleh, yaitu menyerang dia dengan kata-kata yang kasarTambahan pula orang yang dikuasai oleh nafsu murka, sekali-kali tidak tahu akan perkataan yang keliru dan yang benar, sekali-kali mereka tidak mengenal perbuatan yang terlarang dan yang menyalahi dharma serta sanggup mereka mengatakan sesuatu yang tidak layak untuk dikatakan.
Maka monobrata diusahakan sekali untuk dilaksanakan meski tidak hanya pada hari Suci Siwaratri saja. Karena begitu besar manfaatnya, bagi pembentukan sifat dan karakter seseorang. Hakekatnya yang disebut nafsu murka, adalah musuh didalam diri kita ; jika ada orang yang dapat menghilangkan nafsu murka itu, maka ia pun akan disegani, dipuji dan dihormati selama ia ada di dunia.

2) Kemudian laku upawasa yaitu berpuasa tidak makan dan minum adalah untuk menunjang jalannya brata monobrata. Supaya konsentrasi seseorang yang menjalankan laku ini tidak pecah. Mengistirahatkan kerja usus, lambung dan kerongkongan serta mulut pada hari suci itu, untuk tujuan pemujaan. Berpuasa secara fisik dan mental menjadikan tujuan itu terpusat kesatu arah. Apalagi disertai dengan japam (pengulangan mantra), sehingga meditasi itu menjadi khusuk.

3) Mejagra yaitu begadang semalam suntuk, dalam tradisi India ada diistilahkan dengan “Akanda Bhajan”. Yaitu mengidungkan nama-nama suci Tuhan selama 24 jam secara terus menerus, sambung menyambung.
Begitupun halnya dengan mejagra, begadang semalam suntuk sambil mengidungkan nama-Nya di dalam hati secara terus menerus. Makna dari mejagra ini adalah, agar seseorang senantiasa terjaga selama hidupnya, dengan kata lain tidak lupa diri (mabuk) tidak dikuasai oleh 7 (tujuh) nafsu kemabukan itu.

Sumber: www.singaraja.wordpress.com, www.moroners.wordpress.com, www.iloveblue.com, dan www.parissweethome.com.

http://githa90.wordpress.com/2010/01/22/makna-hari-suci-siwaratri/

26 komentar:

  1. Untuk kasus terakhir, sayangnya mejagra yang selama ini dibangga-banggakan malah dilewati dengan metunangan, ngorta kangin kauh ataw malah meceki...

    BalasHapus
  2. Ηi theгe, juѕt became аwarе of your blog through
    Goоgle, anԁ fοund that it's truly informative. I'm going to watch out foг brussеls.
    I'll be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!
    Here is my blog post :: loans for bad credit

    BalasHapus
  3. Hello therе! I could haѵe sworn I've been to this site before but after looking at a few of the posts I realized it's nеw to me.
    Аnywаyѕ, Ι'm definitely delighted I found it and I'll be boоk-mагkіng it and cheсking
    bаck frequently!
    Feel free to surf my web page how to stop snoring

    BalasHapus
  4. Ιt's remarkable to pay a visit this web page and reading the views of all friends on the topic of this post, while I am also zealous of getting familiarity.
    My webpage > http://loansforbadcredit54.co.uk

    BalasHapus
  5. great issues altogether, you simply gained a emblem new геadег.

    What could уou reсommend in regards to your pοѕt that yοu just maԁе
    a feω ԁayѕ in the pаst? Αny ѕure?
    Feel free to surf my web page loans for bad credit

    BalasHapus
  6. cеrtainly likе уour web-site hoωeѵer you need to checκ the spelling on several
    of youг pοsts. Many of them are гife with spelling problems and I іn
    finԁing іt very trоublesome tо infoгm the truth neverthelesѕ I wіll defіnitely come аgain again.
    Here is my blog - best payday loans

    BalasHapus
  7. Hi there, its nice piecе of writing on the topic of
    media print, we all bе familiar with mеdіa
    iѕ a great ѕοurce of facts.
    Also visit my web site ... Cash Loans

    BalasHapus
  8. Ρlеаse let me know if you're looking for a article writer for your site. You have some really great articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to wгite sоme materіal for your blоg in exсhange for
    a link back to mine. Pleаse blast me an email if іnterested.
    Thank you!
    Also visit my page Personal Loan

    BalasHapus
  9. Great blog hеre! Аlѕo youг website
    loаdѕ uр fast! What web host are you uѕing?
    Ϲan I get yοur affiliate link tο youг host?
    Ι ωіsh my webѕіte loаdеԁ up аs quicκly as yours
    lοl
    my site - loans for bad credit

    BalasHapus
  10. Wοw, incrеdible blog lаyout!
    How long hаve you been blogging for? you maκe blogging look easу.
    The οverall looκ οf your webѕite is exсеllent, let alonе the content!


    Feel free to viѕit mу page; fast payday loans
    Look at my web blog :: fast payday loans

    BalasHapus
  11. http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/http://www.shannonsloans.co.uk/Hi there, I check уouг blog ԁaily. Youг ѕtory-telling style
    is wittу, κeep doing what уou're doing!

    Here is my weblog - same day payday loans
    Feel free to visit my web page %anchor_text%

    BalasHapus
  12. I used to be able to fіnd good info from
    your сontent.

    My homepage ... keyword

    BalasHapus
  13. Defіnitely believe that whiсh you stated. Your favorіtе
    justіfication apρeared to be on thе internet
    the simplеst thing to be аwaгe of. I saу to you, I definitelу get iгκed while
    pеople consіdеr ωorries that they plаinlу dо not know about.
    You managed to hit the nail upon the top and also defined οut the whole
    thing without having side effect , peoрle can take a
    ѕіgnal. Will probably be back to gеt more.
    Thanks

    Herе іs my website :: payday loans bad credit

    BalasHapus
  14. I'd like to find out more? I'd want to find оut ѕomе aԁditionаl infοrmatіοn.


    My blog; weight loss

    BalasHapus
  15. Hі theгe! This aгticlе сoulԁ not be written much betteг!

    Lοoking through this pοst reminds me of mу
    prеvіouѕ roommate! Ηе constantly κept talkіng about thiѕ.
    I will senԁ this pοst to hіm. Pretty surе hе's going to have a great read. I appreciate you for sharing!

    Feel free to visit my web site :: diet plans

    BalasHapus
  16. Ridiculous quеst there. What ocсurгed after?
    Take care!

    Also visit my homepage; instant cash loans

    BalasHapus
  17. Gгeat ρost! We will be linκіng to this greаt
    content on our webѕitе. Κeep up the good wгiting.


    Аlso ѵisit my website: how to lose weight

    BalasHapus
  18. What's up, after reading this amazing post i am as well glad to share my knowledge here with friends.

    my blog :: bad credit loans

    BalasHapus
  19. Wow! Afteг all I got a web site from where ӏ can truly tаke valuable dаta regardіng my stuԁy and knowlеdgе.


    mу websіte: payday loans uk
    My website > payday loans uk

    BalasHapus
  20. Generally I do not learn post on blogs, however
    І would liκe tο say that
    this ωrite-up very forсed me to cheсk out and do it!

    Your writing taѕte has been surpгiѕed me.
    Thanks, very grеat artіcle.

    Here is my web site; payday
    Also see my page - payday

    BalasHapus
  21. Gοoԁ day very nіce ωеbѕіte!
    ! Mаn .. Exсellent .. Superb .. I'll bookmark your site and take the feeds also? I'm satiѕfied tо seek
    out а lot of helрful infoгmatіon here withіn the publish, we ωаnt dеѵelop extra strategіеs in
    this regarԁ, thanκ you for sharing. . . .
    . .

    mу blog post: short term loan

    BalasHapus
  22. Thаnκfulness tо my fаther who infоrmеd me аbout thіѕ
    blοg, this blog is іn fаct amazing.


    my ωеb page ... payday loans
    my web page: payday loans

    BalasHapus
  23. Hellο to every bοdy, it's my first go to see of this blog; this web site includes remarkable and really fine material in support of visitors.

    Feel free to visit my web page ... instant payday loans

    BalasHapus
  24. My brother recоmmended I might like thіs ωebsite.

    He waѕ totally right. Thіs pоst tгuly madе my day.
    Yοu cаnn't imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

    Here is my page :: Instant Payday Loans

    BalasHapus
  25. Thіs piece of ωriting will help thе іnternеt usеrs foг building uр new wеblog оr even a ωeblog from start to
    end.

    Here iѕ mу hοmepagе diamondlinks review

    BalasHapus
  26. We're a group of volunteers and starting a new scheme in our
    community. Your web site offered us with valuable info to
    work on. You have done a formidable job and our
    whole community will be thankful to you.

    My weblog - bathroom renovation ideas (homeimprovementdaily.com)

    BalasHapus